Selasa, 04 Juni 2013

Teknik menulis berita

Diposting oleh Unknown di Selasa, Juni 04, 2013

Teknik Menulis Judul Berita


Penulisan judul berita harus mencerminkan pokok-pokok berita. Judul berita yang baik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
a.       Judul berita harus mampu membakar emosi khalayak untuk segera membaca berita.
b.      Singkat dan padat, artinya langsung pada pokok persoalan yang diberitakannya.
c.         Berkaitan erat atau  sesuai dengan pokok pesan penting yang disampaikan dalam berita.
d.      Setiap kata yang terdapat dalam  judul bersifat mandiri, tidak tergantung pada kata lain, serta memiliki arti yang jelas dan tegas.
e.       Resmi dan menghindari kata-kata yang bersifat eufemisme.
f.       Judul berita harus mewakili dan mencerminkan teras dan isi berita.
g.      Merujuk pada tata bahasa baku.
h.      Spesifik, artinya khusus dan tidak melebar.

Teknik Menulis Teras Berita

Teras berita (lead) adalah kalimat atau paragraf pembuka yang memuat fakta atau informasi terpenting dari keseluruhan berita yang disampaikan. Teras berita yang baik harus menenuhi syarat berikut.
a.   Teras  berita harus mencerminkan pokok terpenting berita. Tidak melebihi tiga kalimat.
b.   Jumlah kata dalam teras berita berkisar antara 30 s.d. 45 kata.
c.   Teras berita harus ditulis dengan baik, yakni: (1) menggunakan kalimat singkat, sederhana, ekonomis, serta merujuk pada bahasa baku; (2)  menampakan dengan jelas gagasan sebuah kalimat; (3)  mudah ditangkap, cepat dimengerti, dan mudah diucapkan.
d.   Sesuai dengan naluri manusia yang ingin segera mengetahui kejadian, teras berita sebaiknya mengutamakan unsur apa.
e.   Teras berita boleh dimulai dengan unsur siapa, apabila berkaitan dengan tokoh  terkenal atau memiliki keahlian pada bidangnya.
f.    Urutan unsur dalam  teras berita sebaiknya menggunakan urutan tempat terdahulu, baru disusul oleh unsur waktu.
h.   Teras berita boleh dimulai dengan kutipan pernyataan seseorang asalkan kutipan tersebut tidak berbentuk kalimat panjang.

Teknik Menulis Tubuh Berita

         Tubuh berita (body) merupakan rincian atau memuat semua unsur berita yang sudah dikemukakan dalam teras berita. Selain itu, tubuh berita sebagai tempat mengungkapkan secara lengkap dan bertahap unsur-unsur bagaimana dan mengapa yang tidak mungkin secara tuntas dibicarakan dalam teras berita. Yang terpenting dalam penulisan tubuh berita adalah penguasaan gaya penulisan dan mempertahankan kesatuan gagasan, serta menggunakan bahasa ragam jurnalistik. Bahasa ragam jurnalistik adalah bahasa yang lugas dan sederhana, menggunakan pilihan umum dan netral, menguraikan informasi secara sistematis, singkat, padat, dan menarik,  serta mengedepankan penggunaan kalimat aktif dan bahasa positif

Teknik Menulis Kaki Berita

         Kaki  berita merupakan struktur paling bawah dari sebuah berita. Struktur piramida terbalik mempunyai makna bahwa dalam struktur teratas merupakan unsur terpenting, dan semakin ke bawah nilainya semakin kurang penting. Pola ini dimaksudkan jika sebuah wacana berita dipandang oleh editor terlalu panjang, keterbatasan kolom, dan terpaksa harus diperpendek, maka pemotongan berjenjang dilakukan dari lapisan yag paling bawah. Meskipun demikian, pemotongan tersebut tidak sampai merusak susunan informasi yang perlu diberitakan.  Penulisan kaki berita biasanya diikuti dengan nama atau initial penulis berita tersebut. Penulis lepas (freelancer) biasanya mencantumkan  nama dengan jelas. Bila penulis berita tersebut wartawan tetap, kaki berita cukup dengan nama initial.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Risya Maharani Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei